04
Aug
06

Shalat dan Otak Manusia

Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa menghadap Allah (meninggal dunia),sedangkan ia biasa melalaikan Shalatnya, maka Allah tidak mempedulikan sedikit-pun perbuatan baiknya (yang telah ia kerjakan tsb) “. Hadist RiwayatTabrani.

Sholat itu Bikin Otak Kita Sehat” Maka dirikanlah Shalat karena Tuhanmu dan Berkurbanlah’ (Q.S Al Kautsar:2)

Sebuah bukti bahwa keterbatasan otak manusia tidak mampu mengetahui semua rahasia atas rahmat, nikmat, anugrah yang diberikan oleh ALLAH kepadanya.

Haruskah kita menunggu untuk bisa masuk diakal kita ?

Seorang Doktor di Amerika ( Dr. Fidelma) telah memeluk Islam karena beberapa keajaiban yang di temuinya di dalam penyelidikannya. Ia amat kagum dengan penemuan tersebut sehingga tidak dapat diterima oleh akal fikiran.

Dia adalah seorang Doktor Neurologi. Setelah memeluk Islam dia amat yakin pengobatan secara Islam dan oleh sebab itu itu telah membukasebuah klinik yang bernama “Pengobatan Melalui Al Qur’an” Kajian pengobatan melalui Al-Quran menggunakan obat-obatan yang digunakan seperti yang terdapat didalam Al-Quran. Di antara berpuasa, madu, biji hitam (Jadam) dan sebagainya.

Ketika ditanya bagaimana dia tertarik untuk memeluk Islam maka Doktor tersebut memberitahu bahwa sewaktu kajian saraf yang dilakukan, terdapat beberapa urat saraf di dalam otak manusia ini tidak dimasuki oleh darah . Padahal setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara yang lebih normal.

Setelah membuat kajian yang memakan waktu akkhirnya dia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak tersebut melainkan ketika seseorang tersebut bersembahyang yaitu ketika sujud. Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja . Ini artinya darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikut kadar sembahyang waktu yang diwajibkan oleh Islam. Begitulah keagungan ciptaan Allah.

Jadi barang siapa yang tidak menunaikan sembahyang maka otak tidak dapat menerima darah yang secukupnya untuk berfungsi secara normal. Oleh karena itu kejadian manusia ini sebenarnya adalah untuk menganut agama Islam ” sepenuhnya” karena Sifat fitrah kejadiannya memang telah dikaitkan oleh Allah dengan agamanya yang indah ini.

Kesimpulannya :
Makhluk Allah yang bergelar manusia yang tidak bersembahyang walaupun akal mereka berfungsi secara normal tetapi sebenarnya di dalam sesuatu keadaan mereka akan hilang pertimbangan di dalam membuat keputusan secara normal. Justru itu tidak heranlah manusia ini kadang-kadang tidak segan-segan untuk melakukan hal hal yang bertentangan dengan fitrah kejadiannya walaupun akal mereka mengetahui perkara yang akan dilakukan tersebut adalah tidak sesuai dengan kehendak mereka karena otak tidak bisa untuk mempertimbangkan Secara lebih normal.

Maka tidak heranlah timbul bermacam-macam gejala-gejala sosial Masyarakat saat ini.

Sumber : National Geographic 2002 Road to Mecca

Advertisements

14 Responses to “Shalat dan Otak Manusia”


  1. 1 Yayan
    August 4, 2006 at 3:32 am

    Iya ya…klo gak pas lagi sholat kapanlagi kita sujud2 untuk bisa menghantarkan darah kebagian otak yang tidak selalu dialiri darah tersebut…masa kita mau tiba2 sujud disembarang tempat dan sembarang waktu untuk sengaja mengalirkan darah ke otak itu,ntar yang ada malah dikira orang gila lagi….Makanya, sholat dech biar gak dibilang orng gila!!!

  2. September 2, 2006 at 7:03 am

    Alhamdullilah kita telah membaca artikel yang disampaikan oleh DR. Ahmad Khan, untuk ini saya ingin memperkenalkan hasil temuan dan penjabaran oleh saya berkenaan surah Fushshilat ayat 53,yang sebelumnya sudah saya jabarkan dihadapan para Guru Besar UIPM pada tangggal 20 September 2002 di Jakarta.
    Semoga para ilmuwan / cendikiawan dapat menerima bekerja sama yang baik dalam menuju ridhonya Allah SWT.
    Begitu hebatnya Al Quran baru satu ayat dalam surah Fushshilat ayat 53 apalagi kalau kita dapat menjabarkan Al Quran yang terdiri 6666 ayat. Kita renungkan ,kita hayati, kita bayangkan akan kebesaranNya semoga kita semua akan mendapat taufik hidayah inayah dari Allah SWT agar menjadi orang yang beriman.Amin yaa robbal alamin.
    Inilah firman Allah dalam surah Fushshilat ayat 53.

    Artinya : Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?
    Subhanallah begitu indah dan menakjubkan ayat tersebut yang membuat kita semua akan menjadi kagum, dalam tafsir ayat tersebut sebelum kita melihat keluar penjuru alam. Mari kita perhatikan bagaimana Allah menciptakan diri manuisa yang begitu indah dan lengkap.
    Subhanallah apa yang diciptakan Allah benda-benda diruang angkasa dan di dalam bumi ada persamaan dengan bentuknya pada tubuh manusia.
    Mari kita perhatikan dengan seksama penjelasan dibawah ini : Bumi Allah ciptakan dari :
    1. Tanah
    2. Minyak
    3. Batu-batuan
    4. Akar-akaran
    5. Air Asin
    6. Air tawar
    7. Humus
    Kalau tadi kita melihat asal usul kejadian bumi, maka disini kita akan melihat bagaimana Allah menciptakan tubuh manusia yang kedua-duanya memiliki kemiripan :
    1. Daging pada tubuh  Tanah pada bumi
    2. Hormon pada tubuh  Minyak pada bumi
    3. Tulang pada tubuh  Batu-batuan pada bumi
    4. Urat pada tubuh  Akar-akaran pada bumi
    5. Darah merah pada tubuh  Air asin pada bumi
    6. Darah putih pada tubuh  Air tawar pada bumi
    7. Kulit pada tubuh  Humus yang ada dibumi
    Melihat fenomena kejadian bumi dan manusia kita semua dicipatakan oleh Allah dari tanah,kita hidup diatas tanah dan kita mati kembali keasal menjadi tanah.Allahu Akbar.
    Marilah kita melihat unsur-unsur yang ada dalam tubuh kita :
    1. Jantung
    2. Paru-paru
    3. Liver (Hati)
    4. Limpa
    5. Usus
    6. Empedu
    7. Ginjal

    Setelah kita melihat kejadian ini semua mari kita kembali melihat keangkasa berkenaan dengan “Bintang” yang Allah ciptakan sebagaimana dalam Surah Al Hijr ayat 16 sebagai berikut :

    Artinya : Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya),
    Dan Surah Al Mulk Ayat 5 sebagai berikut :

    Artinya : Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.
    Dan Surah Al An’aam ayat 97 sebagai berikut :

    Artinya : Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.
    Dengan firman Allah ini telah membuat hati saya menjadi tersentuh untuk melakukan Tafakur ditengah malam yang sunyi untuk memohon petunjuk dari ilahi dengan ayat-ayat tersebut. Apa yang ada pada diri kita sendiri sebagaimana firman Allah dalam surah Fushshilat ayat 53 tersebut.
    Bintang adalah benda ruang angkasa yang paling tinggi diciptakan oleh Allah, begitupun qolbu (hati) yang ada di tubuh manusia yang Allah ciptakan yang begitu dalam dan luas. Dengan hati atau qolbu-lah kita yang memberi petunjuk arah yang terbaik dan terburuk, yang bisa membedakan yang hak dan yang bathil atau yang benar dan yang salah. Dengan hati yang bersihlah kita akan melempar syaiton yang ingin membawa kita ke jalan yang sesat. Dengan hati atau qolbu-lah yang bisa memberi penerang bagi siapa yang menghendaki menuju jalan dari kegelapan menuju jalan terang-benderang. Insyaallah kita mendapat Nur ilahi karena kita sudah dapat melawan kebatilan tadi.Diri kita ‘bak’ cahaya bintang di ruang angkasa.
    Demikianlah artikel singkat ini saya sampaikan kepada para pembaca yang budiman Insyallah kita akan berjumpa kembali pada artikel berikutnya.Wassalam.

    Biodata Penulis :
    Nama : DR.Zubaidah Kamal
    Alamat : Jl. Malaka IV, no 160, Rt 10, Rw 08
    Kel.Malaka Sari, Kec. Duren Sawit,
    Jakarta Timur, 13460 Indonesia

    Telp. : 021-70987147
    Hp : 0812940 3540

    Email : Wanita_Muslim_palembang@yahoo.co.id

  3. 3 HERU
    November 21, 2006 at 6:35 am

    i like your article, especialy about “body and earth”. cause to made that a word not realy easy, tank’s 4 U`r information.

  4. 4 Tazakka M.P.
    April 20, 2007 at 10:07 am

    Alahmdulillah saya bersyukur masih ada orang yang berani memaparkan kebenaran. Walaupun banyak orang2 yang setelah mengetahui kebenaran malah menyembunyikannya.

  5. 5 novi
    August 4, 2007 at 11:52 am

    alhamdulilah dengan adanya informasi di atas memberikan hikmah bagi saya untuk lebih giat lagi dalam beribadah shalat, selain itu shalat juga dapat membawa kesehatan rohani maupun jasmani.terimakasih atas informasinya semoga informasi tersebut dapat menyadarkan umat manusia yang belum paham tentang islam…amin..

  6. 6 shoufwatuleurika
    October 28, 2007 at 7:38 am

    subhanallah wal hamdulillah, masih ada umat yang peduli terhadap agamanya!!!!qt patut bersyukur kepada Allah atas rahmat dan hidayahnya yang telah dicurahkan kepada qt. Allah tidak akan memerintahkan atas apa2 yang tak bermanfa’at, semuanya pasti bermanfa’at. dari wacana di atas dapat qt ambil pelajaran tantang salah satu kekuasaan Allah, bagaimana sembahyang yang selama ini qt tunaikan ja mempunyai tujuan penting. semoga qt semua dapat mengambil ibroh dari semua ini.amin

  7. September 24, 2008 at 8:52 am

    Terimakasih q ucapkan kepada para pembela islam yang dengan senag hati menyebarkan ilmunya demi untuk kemajuan agama kita, agama yang di ridhoi oleh ALLOH SWT .

  8. October 27, 2009 at 1:25 pm

    ISLAM itu agama yang paling BENAR, ALLAH telah membuktikannya.

  9. December 17, 2009 at 9:51 am

    islam bgaikan penyejuk hati bagi selurah umat manusia
    islam embun penyuk hati manusia
    islam itu cerah

  10. June 23, 2010 at 1:43 pm

    maha benar allah dengan segala firman nya

  11. June 20, 2011 at 3:37 pm

    jangan la kaitkan agama dengan sains kalau seseorang itu mahu memeluk agama kerana keunikkan nya maka agama hindu yang telah menjangkau 2000 tahun mempunyai keunikkan yang tidak boleh di kaji maka sepatutnya semua manusia didunia ini harus memeluk agama HINDU .

    • 12 muhammad
      August 24, 2011 at 9:55 am

      Bukan maksud untuk mengkaitkan dengan sains,tapi ALLAH telah banyak memberi perumpamaan di alam sekitar,sehingga kita dapat melihat kebesaranNya dalam penciptaan semua makhluk..Allahu Akbar..

  12. 13 alan
    May 7, 2013 at 9:05 am

    Kalau gitu kasihan dong agama lain , gak pernah sujud , otak mereka tidak dialirkan darah ke otak , maka mereka tersesat ya?

  13. 14 alan
    May 7, 2013 at 9:12 am

    Bissmillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum wr.wb.

    Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2005 penyakit tidak menular merupakan penyebab utama 58 juta kematian di dunia, meliputi penyakit jantung dan pembuluh darah (30%), penyakit pernafasan kronik dan penyakit kronik lainnya (16%), kanker (13%), cedera (9%) dan diabetes melitus (2%). Di wilayah Asia Tenggara penyakit tidak menular merupakan 51% penyebab kematian pada tahun 2003, dan menimbulkan DALYs (Disability Adjusted Life Years = kehilangan bertahun-tahun usia produktif) sebesar 44%.

    Hasil Riskesdas tahun 2007, Stroke merupakan penyebab utama kematian pada semua umur, jumlahnya mencapai 15,4%, hipertensi 6,8%, cedera 6,5%, diabetes melitus 5,7%, kanker 5,7%, penyakit saluran nafas bawah kronik (5,1%), penyakit jantung iskemik 5,1%, dan penyakit jantung lainnya 4,6%

    Peningkatan angka kematian akibat penyakit tidak menular tiap tahun meningkat tajam, pada tahun 1995 meningkat dari 41,7% menjadi 59,5% pada tahun 2007 terutamna disebabkan oleh stroke.

    PERTANYAANNYA :

    Apakah dengan sholat bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit mematikan tersebut, sementara kita sudah terbiasa melaksanakan sholat wajib 5 waktu, dan ditambah sholat sunah mungkin juga sholat tahajud tiap malam.
    Kenapa sholat yang kita lakukan tidak mempunyai efek kepada diri kita, baik scara mental, spiritual maupun fisik? padahal janji Allah sudah jelas bahwa sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar, Sholat itu bisa memberikan ketentangan jiwa, menghapus dosa, dan menyembuhkan segala penyakit. Dengan sholat Allah akan menolong kita dari segala permasalahan hidup, baik kesehatan, sosial, ekonomi, keluarga dll semua permasalahan hidup kita bisa terselesaikan. (buka QS. Al-Baqoroh 45-46, Al-Ambiyaa 80-90, Al-Muzzamil 1-20, dan Hadist shohih

    Itu sebagian pertanyaan yang sering dilontarkan pada saat seminar dan pelatihan terapi sholat khusyu dan terapi penyembuhan melalui sholat tahajud, meskipun sebenarnya sudah kami paparkan dengan gamblang pada buku TERAPI PENYEMBUHAN MELALUI SHOLAT TAHAJUD, namun demikian buku tersebut belum cukup untuk dapat melaksanakan sesuai dengan yang diharapkan karena semua memerlukan tuntunan dan bimbingan melalui pendidikan dan pelatihan yang intensif.

    INSYA ALLAH AKAN KAMI BAHAS SECARA BERTAHAP,

    PEMBAHASAN PERTAMA

    HUBUNGAN SHOLAT TAHAJJUD DENGAN KESEHATAN

    Penelitian menunjukkan, kalau seseorang bisa Sholat Tahajjud dengan Ihlas, Khusu’, Gerakannya tepat, Waktunya Tepat dan dilakukan secara kontinyu, maka akan ada perubahan didalam tubuhnya. (Buku Terapi Penyembuhan Melalui Sholat Tahajud hal 105)

    Dalam tubuh kita ada sebuah system IMUN yang berfungsi melindungi diri dari berbagai berbagai gangguan dalam tubuh misalnya patogen (parasit yang bisa menimbulkan penyakit), jejas (lecet) dan toksin (zat racun). Udara yang kita hirup dan kelihatannya bersihpun bisa dipastikan banyak virusnya. System imun bisa berbentuk kimia, cairan, atau sel. misalnya 1. Hormon Kortisol 2. Eosinofil 3. Neutrofil 4. Sel-K 5. Basofil 6. Makrofag 7. Imunoglobulin (IgA, IgM, IgG, IgD dan IgE)

    Dalam bentuk sel misalnya MAKROFAG, diambil dari kata Makro (besar) dan fag (pemakan). Sel ini berfungsi memakan sel lainnya yang tidak normal misalnya sel tumor, kista, kanker. Pengeluaran/sekresi MAKROFAG tergantung kondisi Psikis seseorang. Jika kondisi jiwanya KACAU, misalnya anak nakal, istri atau suami menyeleweng, pekerjaan kantor menumpuk, kondisi ekonomi jatuh, dan atau problem hidup lainnya biasanya seseorang akan mudah STRESS.

    Dalam keadaan stress sekresi makrofag tidak stabil, jika sekresinya hipo atau kurang, tubuh akan rentan penyakit baik itu yang ringan ataupun yang berat seperti KANKER, Kista, Mioum, Jantung, Stroke, Hepatitis, ginjal, kolesterol. Mengapa? Karena sel-sel yang tidak normal yang ada dalam tubuh tak termakan oleh MAKROFAG.

    Dengan demikian apabila kita dapat melaksanakan sholat Tahajjud dengan Ihlas, Khusu’, Gerakannya tepat, Waktunya Tepat dan dilakukan secara kontinyu, Insya Allah kita akan terhindar dari penyakit mematikan tersebut diatas Sebagaimana FIRMAN ALLAH Swt. dalam Surat Al An’aam ayat 162, “Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam”.

    Dengan menempatkan ALLAH Swt. diatas segala-galanya , maka hormon-hormon yang ada dalam tubuh kita akan bergerak NORMAL dan TENANG. ARTINYA: Peningkatan Keimanan Punya EFEK Dalam Tubuh Kita. Seseorang jika Tahajjudnya baik maka Imannya ikut Meningkat. Jika Iman Meningkat, seseorang akan Selalu POSITIVE THINKING (Berprasangka Baik). Jika sudah POSITIVE THINKING (Berprasangka Baik), maka Persepsi HIDUPnya akan lebih baik dibandingkan orang lain. Bahkan ketika ditimpa musibah, kita akan Selalu Positive Thinking,

    Pertanyaan selanjutnya, biasanya bagaimana khusyu bisa digapai dengan mudah? bayak dikalangan kita menganggap bahwa untuk mencapai khusyu adalah sangat sulit,sebenarnya tidak demikian, menurut penelitian yang telah dilakukan ternyata untuk mendaptkan khusyu bukan hal yang begitu sulit,bahkan secara medis khusyu bisa dibuktikan secara medis, Tidak percaya….. selengkapnya bisa dilihat di Bab HAKEKAT DAN CARA MENGGAPAI SHOLAT KHUSYU hal 93, dan bagaimana cara latihannya bisa dilatih dgn bimibingan. Inilah salah satu alasan kenapa sholat khusyu perlu kajian dan pelatihan dengan bimbingan yang intensif.

    Insya Allah akan kami sambung materi tersebut diatas. Dalam pembahasan berikutnya akan bahas tentang stroke, apa dan bagaimana penyebab, dan cara pencegahan dan penyembuhan melalui terapi sholat tahajud dan secara alami, dan akan kami bahas secara medis ilmiahnya. Demikian semoga bermanfaat. Salam Moch. Subechan

    SEKEDAR INFORMASI :Kepada saudara-saudara yang pada tanggl 11 Juni kemarin di Pejaten belum sempat mengikuti Seminar dan Pelatihan Sholat Khusyu dan Terap Sholat Tahajud. Insya Allah besok hari minggu, tanggal 19 Juni 2011 ada Panitia dari Cinere yang mengundang saya untuk mengisi pelatihan di Puncak Bogor. kalau memang dibiperlukan akan kami sampaikan ke Admin untuk di Pulikasikan di FB. Karena acara tersebut diadakan bukan oleh Tim Terapi Tahajud maka silahkan saja menghubungi Panitia dengan ibu Maharani, telp. 081808439923, 08999730868


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: