15
Aug
06

Lapindo

Buka pembahasan tentang lumpur Lapindo yang lagi marak saat ini di Milis, ini nih tanggapan temen-temen milis:

Me :

Guys,

Yang ada di jawa timur khususnya yang deket lokasi…
sebetulnya gimana sih kondisinya dsana?
katanya sampai 8 meter
emang bener?

gimana ya kalau gak bisa berenti mengucur?
masak jawa timur banjir lumpur panas …

Evi said :

kejadian itu terjadi setelah aku udah datang di sini (OZ). tapi kira2 begini ceritanya menurut kabar terakhir yang aku terima…(maksud e seminggu yang lalu) penduduk yang berada di sekitar situ sudah diungsikan semuanya, tol surabaya-malang udah berfungsi lagi meski gak maksimal. but, ada yang lebih miris lagi – itu lumpur bikin tanah di bawahnya drop alias ambles. parahnya pemerintah setempat gak bisa janji kapan itu masalah bisa diatasi tuntas. kapan hari aku sempat dengar bupati sidoarjo ngomong di suara surabaya fm; dia bilang itu lumpur sih kayak e gak berbahaya dari segi chemical substance nya (tapi kok bisa menghancurkan tanah dibawahnya????), dan dia bilang juga bisa dibuat batu bata. kayaknya begitu berita ini diturunkan, sudah ada yang rebutan mengolah lumpur itu deh.
oke..itu yang kuketahui..mungkin sandy yang berada di sekitar TKP, atau wawan yang berasal dari sana bisa ngasih info yang lebih lengkap.
sekian.
terimakasih

Slamet said :

Hi guys,

aku bukan wawan juga bukan sandy, tapi aku ngrasa getahnya lumpur lapindo juga. kemarin aku sempat kejebak macet di porong, aku brangkat dari gresik jam 14.30 sampai di malang jam 21.30.

kalau dilihat dari bis atau kereta (kemarin sempat nyoba KA Express Surabaya Malang), lumpurnya memang sudah dekat banget dengan jalur bis yang lewat porong (bukan tol). Nah yang repot kalau jalur KA surabaya malang ditutup, soale Malang sangat bergantung pada supply dari Surabaya. Pedagang ikan segar di pasar Tawangmangu kebanyakan dari Surabaya yang PP Surabaya Malang tiap harinya, jadi kalau rel KA ditutup, bye-bye deh ikan tongkol.

Yang lebih parah, jika KA sampai benar-benar gak jalan, bisa-bisa pasokan BBM dari SBY ke Malang harus dialihkan dengan menggunakan dengan truck, melewati jalan yang, yah, macet. Bisa jalan sehat tiap hari …

Lapindo sendiri katanya gak bisa berharap lumpur panas itu berhenti nyembur sampai bulan 10. Karena bulan itu wis mongso rendheng, bisa dipastikan lumpur panas itu bakal menjadi banjir lumpur dingin. Dan agaknya rel kereta bakal benar-benar gak tertolong deh. Begitu juga dengan nasib jalan tol dan desa-desa di sebelahnya…

Salah satu upaya untuk membuang luberan lumpur itu (ada yang bilang) dibuang saja ke Kali Porong, tapi apa boleh … apa kata anak cucu kita nanti …

tapi sebenarnya kalau dilihat dari tol atau KA, semburannya lumayan bagus, gak pernah lihat gleiser sih, lumpurnya juga kelihatan spektakular! saking akehe aku sampai ternganga, soale nggak setiap hari lihat lumpur arisan. baunya …. tidak tertahankan …

slamet
—————————————————————————————
“harusnya dikasih kutipan (biar keren kayak wawan)”
— unknown

Wawan said :

laporan pandangan mata (maksude mataku melihat gambar di Jawa Pos, he
he he).
sementara ini, segalanya serba tak terkira.
1. lumpur semakin deras:jika awalnya 5000 m3 perhari sekarang 50000 m3 perhari
2. tanggul sudah ada yang jebol karena tidak kuat,padahal tanggul itu lebarnya/tebalnya sepuluh meter (bahkan ada yang 30 meter) dan dampaknya sudah ada desa yang terendam, termasuk bangunan SDN Siring 2.
3. tanggul yang jebol sempat membikin macet kereta api pada hari kamis.
4. tol sudah difungsikan lagi demi mengurangi kemacetan di jalur non tol.
5. aburizal bakrie bilang dalam koran DUTA MASYARAKAT: paling lambat 8 september lumpur sudah bisa dihentikan. bener nggak?
6. aku masih belum boleh pulang sama bapakku, pak sugianto, dengan alasan sakno Xeno engkuk nek suwe-suwe ndik bis, sumuk.

sementara begitu dulu. untuk berita lebih lanjur, klik http://www.jawapos.co.id

sepenuh hormat,
wawan

PS. Met, ojok niru-niru kutipanku, lha wong iku ae aku niru PIPIN kok. terus maneh, sing bener iku pasar Tunggul Wulung. kok awakmu mesti kliru Tawangmangu? lha wong tawangmangu iku ndik perbatasan jatim- jateng. mesti kliru, kaet waktu tak gonceng biyen, terus liwat kawasan lokalisasi di tengah sawah sambil gak berani noleh iku.

Sandy said:

lumpur lapindo itu emang musibah yang sangat terasa dampaknya bagi masyarakat jawa timur pada umumnya. bagi masyarakat surabaya n malang pada khususnys. malahan bagi aku pada sangat khususnya! ga iso nang mlg rek! gggrrrr…. kmrn waktu tanggul jebol,sakno masy. sekitar bingung panik gak karuan. pokoke sakno poll. meski diganti uang jg kynya percuma mrk ga iso nyawah maneh trus kerjo opo. lahan di sekitar lokasi kemungkinan besar amblek trus sidoarjo bag selatan berubah jadi rawa. susah ngembaliin k keadaan semula. tanah d sana skrg aslinya rawan ambrol krn kalah ama semburan lumpur. mana saiki nyembure ga karuan akehe. buang k laut yo percuma. kadar air hrs bener bener bersih dr lumpur br bs dibuang. masalahe,lumpur g bisa ngendap seketika cm ama bantuan gravitasi bumi thok. padahal nek alami waktune suwe trus saiki keburu musim ujan. tambah ruwet ae tar.

Advertisements

1 Response to “Lapindo”


  1. August 16, 2006 at 1:15 pm

    —— ——-
    | |
    | |
    | |
    | | Runtuh dan menutup lubang
    | |
    | BOM |
    | |
    | |
    | |
    | BOM |
    | |
    | |
    | |
    | BOM |
    _______/ \____

    Sumber lumpur


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: