16
Aug
06

Tip

A small sum of money given to someone for performing a service; a gratuity.

Menentukan berapa besar uang tip yang wajar kita berikan saat kita ke salon atau ke resto ternyata sempat bikin aku bingung. Antara gak mau rugi kehilangan uang dengan gak mau kelihatan pelit.

Kalau mau jujur sih, waktu makan di resto atau cafe agak gak rela nambah tip, soalnya kan kita udah bayar PPN 10%, masak iya kita masih perlu bayar tip. Hmmm, terkesan pelit deh jadinya. Kasih aja tuh yang kembalian uang kecil n recehan, biar gak ribet juga nanti di dompet.

Tapi kalau dipikir-pikir, memberikan uang tip sepertinya dah wajib kalau kita ke tempat-tempat yang mengedepankan layanan jasa, sebut saja misalnya salon, resto, cafe, dll.

Baca sana-sini, lihat ini-itu. Aku simpulkan ternyata range yang wajar utk memberikan tip adalah sebesar 10-20% dari harga yang kita bayar. Hal ini semakin diperkuat pada saat aku nonton Beuty and Geek nya Star World. Sang juri menanyakan pada salah satu kontestan cowok geek tentang how many percent should you leave a tip in a restaurant. Dia jawab 10%. Hmmm, jadi kan dah bener kesimpulanku. Menurut kamus manner, range tersebut sudah tepat.

Sekarang kalau di salon, agak sudah juga tuk ngasih tip ke mereka. Kalau misalnya kita lagi potong rambut ada beberapa orang yang handle kita. Ada yang nyuci, ada yang motong, ada yang nge-blow. Yang paling kasihan malah sebenarnya yang nge-blow rambut. Apa gak pegel tuh tangan nge-blow rambutku yang cukup panjang ini (sekarang ‘cukup’ bukan ‘panjang’ lagi). Trus kalau seumpama 10% (hehehe, karena hemat jadi milih range minimal) jadi kan cma dikit banget jatuhnya. Potong di salon yang agak mahal, paling 70rb. 10% cuma 7rb, belum kalau dibagi 3 orang. Walah, cuma 2rb perorang. Atau kalau creambath di salon Sari deket rumah yang cma 15rb. Ada dua orang yang handle, berarti 1500 dibagi dua, jadinya cma 750. Kayaknya gak worthed banget. Wlau dijadiin 20% (kali ini agak ngurangi skala hemat nya), tetep aja jatuhnya sedikit. So, gimana donk? range itu kayaknya gak berlaku. Biasanya sih aku kasih ada minim 5rb (karena kmrn yg motong ramah n hasilnya baik, aku kasih 10rb), uang segitu kan juga sangat minim. Betul gak sih? cuma bisa buat makan sekali, itupun paling makan mi dokdok aja.

Satu lagi yang agak ribet adalah waktu ngasih tip di salon. Kalau langsung dikasih kayaknya jatuhnya susah juga. Musti nyiapin uang kecil gitu. Biasanya sih aku sekalian aja di kasir, di total dengan harga yang musti aku bayar. Mungkin nantinya agak ribet mrk ngasih nya (soalnya musti cari uang kecil tuk dibagikan ke bbrp org), tapi menurutku ini yang paling pas dan tepat. Soalnya yang tau hanya aku dan sang cashier. Beda dengan kalau di berikan langsung ke orangnya, itu yang lain kan bisa tau tuh.

Akhirnya range itu kayaknya juga gak kepake, 10 – 20%, idealnya sih segitu. Tapi lihat sikon kyaknya lebih masuk deh.

Advertisements

0 Responses to “Tip”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: