01
Nov
07

Ramadhan 2007

ramadhan.jpgBerlalu sudah ramadhan tahun ini dengan segala kenangan dan memori yang beragam. Kenapa rasanya sangat cepat berlalu, padahal aku masih belum bisa berbuat banyak. Entah karena memang aku yang terlalu sibuk dan tidak fokus beribadah atau memang aku yang tidak bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal. Yang pasti ada rasa sedih dan kecewa. Ramadhan tahun ini sepertinya kurang lama (padahal dari dulu juga ramadhan lamanya satu bulan ya?).

Yang sangat terasa adalah suasana yang kurang ‘Ramadhan’, aku sangat merindukan saat berpuasa di rumah. Dimana seluruh yang ada di sekelilingku sangat mendukung. Aku ingat awal ramadhan ini aku tidak kuat menahan air mata. Tumpah ruah air mata, aku menangis cukup lama. Aku pengen pulang, pengen berpuasa di rumah, bersama bapak-ibu dan adik-adikku. Sahur bareng, buka puasa bareng, tarawih di masjid bareng. Rasanya sangat tentran dan nyaman di hati. Apalagi saat di masjid pada saat tarawih bersama, hmm … rasa nyaman dan tenang dalam hati sangat sangat menyenangkan, tidak bisa aku gambarkan dengan kata-kata.
Suasana di kantor dan kostan sangat kosong dan hampa. Hanya ada beberapa teman untuk saling berbagi rasa dan indahnya ramadhan. Itupun sepertinya masih kurang cukup memenuhi kebutuhan kegairahanku akan ramadhan. Yah, mungkin karena kata mereka puasa itu bulannya saja. Well, nope for me. I need more. Ramadhan it’s the beat in your life. All of your body n soul.

Hari demi hari, aku memang berusaha menghidupkan ramadhan di sekelilingku. MP3 nasyid dari Ipod ku gak berenti mengalun, suara volume adzan aku besarkan, tarawih selalu aku jaga, shalat dikencengin. Every ways that crossed in my mind pokoknya aku lakukan, sampai membeli taj’il agar buka puasa tambah terasa ‘Ramadhan’. Dan hasilnya, yaahh lumayan lah. Ramadhan mengalir dengan cepat, bergulir dengan segala kesibukan dan aktivitas rutinku sampai tak terasa waktunya packing tuk mudik.

MUDIK !! How excited I was. Semua sudah disiapin seminggu sebelumnya. Oleh-oleh buat semua orang di rumah, menyiapkan baju buat shalat ied, malah aku membeli mukena dan sajadah baru khusus untuk shalat ied. sampai tidak terasa aku membawa banyak tas, mulai dari koper berisi baju dan perlengkapan sehari-hari, ada juga tas ransel yang isinya juga perlengkapan daily, trus tas oleh-oleh, ada juga satu bungkusan panjang buat mobil di rumah, dan satu tas laptop. Whew … baru kali ini aku membawa barang-barang sebanyak ini.

Di bandara jakarta, seperti biasa my lovely mengantarkan aku ke bandara. Hmm .. sangat berat meninggalkan dia sendiri, tapi ini saatnya aku bertemu keluargaku. Satu jam lebih 5 menit kemudian aku sudah di Malang. Penerbangan kali ini lumayan menyenangkan, walaupun aku masih agak takut karena seringnya ada kecelakaan pesawat yang terjadi akhir-akhir ini. Dan ternyata semua sudah menunggu menjemputku, pesawat datang agak terlambat dari jam datangnya.

Hari-hari terakhir ramadhan di rumah. Sangat menyenangkan, walaupun hanya beberapa hari tapi sudah cukup mengobati rinduku akan suasana ramadhan. Rasa nyaman tarawih di masjid itu yang paling aku cari ….

Shalat Ied, well u know what. Tahun ini adalah pertama kalinya shalat ied telat. Tahun ini, ibuku yang biasa menyiapkan segala macem persiapan memang sedang tidak bisa melakukannya karena masih kurang sehat. Agak kecewa sebetulnya, padahal aku sudah menyiapkan banyak hal untuk hari kemenangan ini. Acara sungkem-sungkeman berjalan lancar, seperti biasa, acara ini selalu diliputi air mata disana sini.

Aaah, akhirnya ramadhan ini berlalu juga. Apakah masih ada kesempatan lagi aku merasakan ramadhan tahun depan? Aku sudah gak sabar menunggunya …

0 Responses to “Ramadhan 2007”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

