29
Nov
07

Microsoft Vista dan Thunderbird

Thunderbird LogoKebayang gak sih musti menghapus 33 ribu files hanya gara-gara Thunderbird nya gak bisa kirim email. Sungguh sangat membosankan dan menjengkelkan !!! Beberapa hari lalu, tiba-tiba saja aku gak bisa kirim email. Aku kira hanya karena koneksi kantor yang emang kadang lemot ato karena mail site lagi down. Tapi pas pindah koneksi pake 3G ternyata tetep gak bisa dan pas aku tanya temen-teman yang lain juga mereka gak ada masalah. Well, my problem only when I send an email, since I still be able to receive emails. Tanya pacar tersayang cuma bilang ‘coba tanya programmer kamu’ .. duh, sebel gak sih. Kalau ternyata musti tanya anak-anak lagi ya ngapain juga aku tadi tanya. Yaaah sudahlah, akhirnya aku tanya juga ke sang trobleshooter yang handal. Klik sana-sini, nguthekin ini-itu. Masih belum bisa juga dan last solusi yang dia tawarkan adalah me-restart laptop ku. Hmm … okay deh. Cross your finger, berharap habis di restart semua berjalan dengan normal.
1…2 … 3 … swipe your finger, start my portable apps, open my thunderbird, try to send an email and …..

“Unable to open the temporary file.
Check your ‘temporary directory’ setting”

Hiks, ternyata masih belum bisa ….

So … ngapain lagi neh. Sadly, akhirnya I asked Mr. Google. Just put the above notification and voila …. segudang link disodorkan dan akhirnya aku tersesat dalam berbagai link dan comment dan forum. Waah, ternyata memang masalah ini adalah issue antara Microsoft Vista dan Thunderbird. Baca sana sini ternyata memang satu-satunya cara adalah menghapus temporary files kita. Dan sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan secara otomatis, musti manual. Daaan ternyata punyaku ada buanyaaaaak banget, lebih dari 33 ribu temporary email thunderbird yang ternyata selama ini aku simpan tanpa aku tau. Dan saat aku coba langsung menghapus semua files itu otomatis hang – lah laptop ku. Ya bagaimana tidak, setelah aku restart windows explorer nya, ternyata selain buanyaaak, ukurannya juga gak tanggung-tanggung, ada yang satu file ada hampir 1 GB, belum lagi yang ber MB – MB (hehehe, maksudnya banyak file yang ukurannya sampe MB), walaupun juga ada file yang 0 KB (apa coba isinya). So, akhirnya aku sekarang secara rajin menge-check temp file ini dan menghapusnya daily daripada nantinya aku musti menghabiskan seluruh hariku hanya untuk menghapus ribuan temporary email.

Nah, just in case kalau ada yang mengalami nya lagi, maka cara mengatasinya adalah:

1. Click “Start”
2. On Start Search field (di pojokan kiri itu lho …, yang ada gambar magnifying glass), please put %TEMP%
3. Otomatis satu folder akan muncul sebagai hasil search kita, terus klik saja folder itu dan temukan banyak sekali nsmail.tmp, nsmail.html, nsmail. eml dan ada juga image-image dan dokumen-dokumen lain yang pernah kita kirim via email.
4. Last step, just permanently delete saja semua file itu. Ingat, jangan cuma mindahin file itu ke recycly bin dengan menekan tombol delete tapi gunakan Shift + Delete dan hilanglah akhirnya file-file yang tidak berguna itu.

Setelah semua itu selesai, restart saja thunderbird dan semua akan berjalan dengan normal lagi….
berjalan dengan normal disini adalah “Let’s Back to Work !!” ^_^

Advertisements

1 Response to “Microsoft Vista dan Thunderbird”


  1. December 3, 2007 at 3:01 am

    Tp akhirnya kamu bisa kan pat ….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: