06
Apr
08

Japanese Toys – New Year’s Toys

Pada kategori kelima terdapat mainan Tahun Baru, yaitu mainan yang biasanya hanya dimainkan pada saat perayaan Tahun Baru.

Cat-05_1

Battledores – Mainan ini mirip dengan bulu tangkis. Dimainkan pertama kali pada awal abad 15 dan mulai terkenal luas pada pertengahan abad 17, mainan ini biasanya hanya dimainkan oleh anak-anak perempuan. Motif yang ada sangat beragam : bunga, burung sampai motif aktor terkenal – Kabuki.

Cat-05_2

Kites – Mainan layang-layang ini mulai terkenal sejak jaman Edo. Biasanya mainan ini bergambar berbagai karakter lokal dengan warna-warna yang mencolok.

Cat-05_3

Daruma Figures – Dijual pada akhir tahun menjelang tahun baru. Mainan ini dianggap dapat membawa keberuntungan, kebahagiaan dan kesuksesan dalam berbisnis.

Cat-05_4

Karuta – Diambil dari bahasa Portugis ‘carta’ yang artinya adalah kartu. Mainan ini dibagi menjadi dua jenis : Uta-Garuta tradisional (puisi ‘waka’ tertulis di atas kartu) dan kartu yang cenderung lebih modern karena pengaruh budaya barat (ex: Flower Card)

Cat-05_6

Sugoroku Board Games – Sejenis mainan mirip mainan monopoli.

Cat-05_5

Fuku-Warai – Funny face Game. Mainan ini mirip permainan ‘Pin the Tail on the Donkey’. Terdiri dari kertas besar yang bergambar seorang wanita dan beberapa potongan kertas bergambar bagian-bagian wajah (alis, mata, hidung, dsb). Dengan mata tertutup, pemain akan berusaha menempelkan potongan-potongan kertas di tempat yang benar.

Advertisements

0 Responses to “Japanese Toys – New Year’s Toys”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: