16
Apr
08

Seekor atau Sepasang?

Hamster-06

Pertanyaan itu sempat membuat aku berpikir untuk beberapa saat. Dan akhirnya aku memutuskan untuk membeli sepasang hamster jantan dan betina. Padahal setelah banyak membaca literatur baik itu online atau offline, keputusanku itu bisa dibilang kurang tepat. Dan pastinya hal ini juga dialami oleh para pemelihara hamster pemula, yaitu sebuah kecenderungan untuk membeli dua ekor (entah itu the same sex or not) karena alasan takut membuat mereka kesepian dan tidak bahagia.

Apabila sudah terlanjur membeli hamster sepasang betina dan jantan, kamu musti bersiap-siap untuk mempunyai puluhan hamster. Yup, i’m definetely right. Puluhan ekor hamster. Sebagai bagian dari rantai makanan, hamster adalah hewan yang sering dimangsa dan hal inilah yang membuat dia mempunyai kemampuan berkembangbiak yang sangat cepat. Hanya dengan sekali melahirkan, seekor hamster betina akan mendapatkan 3-11 ekor anak. Dan setelah masa menyusui selesai, mereka dapat segera melahirkan kembali. Nah, dapat dibayangkan bagaimana hasilnya apabila sepasang hamster jantan dan betina digabungkan dalam satu kandang kan?

Kalau mereka mempunyai jenis kelamin yang berbeda, lihatlah jenis hamster apa yang telah dibeli. Jika hamster jenis Syrian, maka segeralah membeli kandang baru karena mereka bukan jenis hamster yang mau berbagi tempat. Bila yang kamu beli berjenis dwarf, cobalah lihat pada saat mereka sedang aktif. Apabila mereka bertarung sampai ada yang berdarah maka segera pisahkan mereka.

Hamster adalah binatang yang soliter dan lebih suka hidup sendiri. Mereka bahkan mengenal konsep teritorial dan akan sangat merasa terganggu apabila mereka harus berbagi tempat dan makanan. Karena itulah alasan mencarikan teman untuk mereka adalah alasan yang kurang tepat. Mereka bahkan akan hidup lebih bahagia apabila mereka hidup sendiri dengan kandang yang luas.

Lalu kenapa di pet shop hamster-hamster itu ditempatkan dalam satu kandang dan mereka tampak baik-baik saja? Alasan pertama adalah karena jam dibukanya pet shop adalah jam pasif hamster dimana mereka cenderung sedang tidur atau bermalas-malasan. Selain itu kebanyakan hamster yang dijual di pet shop adalah hamster yang masih kecil dan biasanya berumur kurang dari 2 bulan. Sebelum umur 2 bulan, mereka masih terlalu muda untuk mengetahui konsep teritori.

Dan karena aku tidak ingin mempunyai keluarga besar hamster, sekarang aku sudah mempunyai satu kandang hamster betina dan satu kandang jantan. And that’s enough to make me feel save from having a big colony of hamster 🙂

Advertisements

1 Response to “Seekor atau Sepasang?”


  1. April 16, 2008 at 6:17 pm

    hmmm jadi udah gak boleh beli hamster lagi ya…., btw itu kluarga besar pak Bo tolong ditampilin foto kluarganya donk…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: