17
Apr
08

The Old Cage of Brownies and Bo

Cage-04

Kandang pertama milik Brownies dan Bo sangat kecil. Hanya cukup untuk satu mainan, tempat makan kecil, dan rumah-rumahan kecil. Botol minumannya pun terletak di bagian luar kandang. Karena itulah mungkin saat itu Brownies dan Bo selalu bertengkar. Gimana mau merasa nyaman, kalau melangkah sedikit sudah ada jeruji besi.

Walaupun kecil, tapi kandang ini lumayan mahal. Yah mungkin karena saat itu aku membelinya di tempat yang salah. Padahal kalau dilihat lebih detail, kandang ini bener-bener tidak memenuhi standar kelayakan kandang seekor hamster (apalagi buat dua ekor).

Pertama, jeruji-jeruji besi kandang. Bagian bawah dari kandang juga terbuat dari jeruji yang kemudian dilengkapi dengan semacam tray (berwarna hijau). Hal ini akan membuat hamster tidak nyaman karena hamster senang untuk menggali-gali. Selain itu, kaki kecil hamster yang sedang aktif-aktifnya juga bisa terperosok dan luka. Wah, kasihan banget kan kalau itu sampai terjadi. Karena itulah akhirnya bagian bawah kandang aku copot dan hanya menggunakan tray hijau saja.

Kedua, ukuran tray tidak cukup untuk bedding yang nyaman. Tray hanya berukuran 1 cm, padahal agar hamster bisa merasa nyaman, bedding sebaiknya mempunyai kedalaman 2-3 cm. Akhirnya hamster hanya akan memain-mainkannya saja dan membuat sekeliling kandang berserakan. Setiap pagi dan sore, aku harus membersihkan bedding yang berserakan itu dan mengisinya dengan bedding yang baru. Hmm … sangat tidak praktis dan boros bedding.

Brownies take a nap

Ketiga, mainan puteran yang sangat berisik. Sangat mengganggu saat malam hari. Apalagi kalau Brownies yang sedang memainkannya, saking berisiknya sampai pernah aku mencopotnya. Kasihan sih, tapi daripada gak bisa tidur …

Keempat, tidak ada tempat untuk toilet. Kandang jadi kelihatan kotor dengan poo mereka yang berceceran. Dan yang paling parah, mainan puteran juga sangat kotor dan lembab (karena poo dan pee mereka, yieks …). Dan karena tidak ada pasir (toilet), bulu mereka jadi tidak indah lagi dan jadi bau 😦

Kelima, ini yang sangat bermasalah. Pintunya yang tidak rapat! Suatu hari si Bo pernah berhasil keluar kandang dan aku harus mencarinya di dalam kamar. Untungnya Bo ketemu sedang asyik berlarian di kolong tempat tidur.

Dengan berbagai pertimbangan diatas plus karena Bo dan Brownies terus-terusan berkelahi, maka aku musti segera mencarikan rumah baru bagi mereka.

 

Advertisements

1 Response to “The Old Cage of Brownies and Bo”


  1. April 17, 2008 at 7:35 pm

    Hummm jadi nih bikin gerakan “Against Small but Expensive Cage” yang banyak dijual di mall2x ituh….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: