22
Apr
08

Woman Emancipation

Jalal

Masih dengan semangat Hari Kartini dan emansipasi wanita, kemarin aku sempat melihat liputan seorang perempuan yang sangat patut untuk dijadikan contoh karena kegigihannya menunjukkan ‘Woman Power’ ditengah dominasi laki-laki. Beliau bernama Masooda Jalal, seorang wanita/ ibu yang berasal dari Afganistan. Dengan segala keterbatasan yang ada, beliau dengan berani mencalonkan diri sebagai calon presiden Afganistan pada tahun 2004 bersama belasan calon lain yang semuanya laki-laki.

Berbeda dengan kandidat lain yang mengedepankan kekuatan militer untuk mendapatkan suara, beliau dengan tangan tanpa senjata dan penuh kasih sayang seorang ibu, dapat dengan bebas melakukan kampanye ke berbagai pelosok distrik kota Kabul. Rakyat dapat menerimanya dengan terbuka karena beliau tidak pernah menumpahkan darah dimanapun, tidak seperti kandidat lain yang harus keluar dengan pengawal Amerika hanya karena banyak rakyat yang mengincarnya.

Dalam usahanya berkampanye, banyak sekali halangan yang harus dia hadapi. Beragam ancaman dan kecaman dari berbagai pihak baik dari lawan-lawan politik maupun dari para ulama konservatif yang menganggap seorang perempuan tidak pantas untuk memimpin. Akan tetapi, beliau terus berusaha dan dengan dukungan suami dan keluarganya dia berhasil mendapatkan simpati dari banyak orang.

“My hands are empty,” Jalal admits, “but I want to prove that a woman with empty hands can do a lot. It will be a lesson for all the women of Afghanistan. Already five thousand years, we women have waited for our turn. We cannot wait another century.”

Begitu dalam maksud yang beliau ingin sampaikan kepada semua orang. Dan meskipun kemudian akhirnya beliau tidak memenangkan pemilihan, tetapi beliau telah berhasil membakar semangat perempuan-perempuan lain untuk terus berusaha dan menunjukkan eksistensi. Setidaknya semangat beliau masih akan terus dapat berkembang karena akhirnya beliau dipercaya sebagai Minister of Women’s Affairs.

Advertisements

0 Responses to “Woman Emancipation”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: