19
May
08

Thomas & Uber Cup 2008

Semenjak di Jakarta, aku sudah tidak ingat lagi kapan terakhir aku menonton acara olahraga. Bukan hanya karena tidak ada waktu yang cukup, tetapi juga kayaknya gak ada temen buat ikutan teriak-teriak pas nonton (walaupun kata Mia aku adalah penonton yang lumayan silent dibandingkan adiknya). Sampai beberapa hari lalu, saat Trans TV menayangkan semi final dan final Thomas & Uber Cup, it’s so hard not to see and enjoy the tournament. Hmm, jadi ingat dulu waktu masih di rumah biasanya harus berantem dulu dengan adikku yang lebih suka nonton film kartun daripada nonton bulutangkis.

Thomas dan Uber Cup tahun ini diadakan di Istora Senayan, Jakarta. Mumpung di Jakarta aku pengen ikutan nonton di Istora, tapi sayangnya semua tiket VIP sudah sold-out. Dan rasanya aku gak akan mungkin sempat untuk ikutan antri di Istora sejak dini hari seperti yang dilakukan oleh para penggemar fanatik bulu tangkis yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Disana juga ada giant big screen yang disediakan panitia untuk mengantisipasi penonton yang tidak dapat tiket. Hmm, tapi kalau dipikir-pikir nonton di big screen seperti ini malah bikin sakit hati. Gimana enggak, kalau tournament nya ada di negara lain sih ya gak papa. La ini? cuma beda tembok doank … Aaah, mendingan nonton di kostan aja deh. Lebih enak dan nyaman pastinya.
Hasil akhir, Tim Uber yang mempunyai target untuk bisa menuju semi final malah berhasil masuk ke final dan sayangnya, Tim Thomas yang dijagokan untuk masuk ke Final malah terganjal Korea dan hanya bisa bertahan sampai semi Final. Walaupun ternyata tim Uber Indonesia akhirnya dikalahkan oleh China dan tim Thomas Indonesia dikalahkan oleh Korea, tetapi aku tetap salut dengan perjuangan mereka. Hampir semua pemain berjuang sampai titik darah penghabisan untuk meraih angka dan mempertahankan nilai.

And of course a big applause buat tim Uber dan Thomas Cina, mereka sekali lagi untuk ketiga kalinya berturut-turut berhasil mengawinkan Thomas dan Uber. Permainan mereka memang keren abis … pantes mereka menang.

Quick Facts about Thomas Cup:

  1. Thomas Cup merupakan ide dari Sir George Alan Thomas, seorang pemain bulutangkis sukses dari negara Inggris
  2. Turnamen pertama Thomas Cup diadakan di Preston pada tahun 1949 dan kemudian diadakan selama 3 tahun sekali
  3. Thomas Cup diadakan selama 2 tahun sekali sejak tahun 1982
  4. Ada 12 tim yang bertanding dalam Thomas Cup
  5. Sampai tahun 2008, Thomas Cup sudah diadakan sebanyak 24 kali
  6. Hanya ada 3 negara yang berhasil memenangkan Thomas Cup, yaitu Indonesia (13 kali), China (7 kali), dan Malaysia (5 kali).
  7. Malaya (sekarang Malaysia) adalah negara pertama yang memenangkan piala Thomas

Quick Facts about Uber Cup:

  1. Nama turnamen Uber Cup diambil dari nama Betty Uber, seorang pemain bulutangkis asal Inggris yang merupakan pencetus diadakannya turnamen ini
  2. Uber Cup pertama kali diadakan pada tahin 1956 di Lancashire, England.
  3. Diadakan bersamaan dengan Thomas Cup selama 2 tahun sekali semenjak tahun 1984
  4. Hanya ada 4 negara yang berhasil mendapatkan Uber Cup yaitu China (11 kali), Jepang (5 kali), Indonesia (3 kali) dan USA (3 kali)
  5. Mulai tahun 2010, Uber Cup akan diadakan secara terpisah dengan Thomas Cup
Advertisements

2 Responses to “Thomas & Uber Cup 2008”


  1. 1 Phoebe Yuu
    July 23, 2008 at 10:05 am

    Aaaww….thanks so buat info tambahannya….
    lagi nyari sesuatu tentang Uber & Thomas buat jaga-jaga tes USM STIS, soalnya pengetahuanku tentang olahraga minim bangeeett….
    Paling2 tau cuma siapa menang n siapa kalah….
    Sekali lagi, thanks buat infonya….

  2. July 23, 2008 at 11:49 am

    @ Phoebe Yuu : terimakasih kembali 🙂 n gud luck with the test.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: