05
Jun
08

Two Complaints ??!!

Waaah, emang client kadang suka semaunya ya? Dalam minggu ini aku sudah kena complain dari dua client dan alasannya tuh bukan karena aku ceroboh atau yang gimana-gimana. Tapi karena memang client nya aja yang gak sabar.

Complain pertama datang dari client ku yang ada di Benua Eropa, mereka meng-klaim kalau aku tidak pernah memberikan update. Well, it happens once more now. Thanks again to the Spam Filter. Untungnya aku selalu meng-carbon copy semua email ke boss ku so aku punya back-up yang bisa membuktikan bahwa sebetulnya aku telah mengirimkan berbagai update ke dia dan email yang aku kirim telah terfilter oleh Spam/ Junk folder. Yang membuat aku sebel tuh, client sudah bikin email complain keras sampai men-judge perusahaanku bukan production center yang bisa diandalkan dan berbagai omongan jelek yang seharusnya tidak dia keluarkan. Dia juga men-cc emailnya ke berbagai pihak. Nah, setelah sekarang masalahnya jelas apa bukan dia juga yang malu, terlalu temperamental sampai tidak mau meng-confirm dulu permasalahan yang ada. Sepertinya client ku yang satu ini butuh pengetahuan tentang how is good manner itu.

Yang kedua, kebetulan juga seorang client dari benua Eropa. Kali ini complain mereka karena response time ku yang katanya lambat dan sangat tidak bisa diandalkan. Weks, gimana mo kasih response cepat kalau mereka kirim email pada saat aku sedang off. Tentu saja aku tidak bisa merespon email mereka dengan cepat. Padahal SLA kita kan within 24 hours dan aku masih belum melebihi SLA yang ada. Client satu ini memang perlu dijelaskan lebih tentang arti kesabaran 😀 Aku tau sih mereka diburu target juga tapi kan mestinya mereka tau donk kalau kita mempunyai working hour dan time zone yang berbeda.

Kalau dipikir, client-client ku memang unik dan punya banyak karakteristik yang sangat beragam. Apalagi memang aku menghadapi client dengan banyak background culture yang berbeda dan sedapat mungkin aku selalu menghadapi mereka se profesional mungkin dan berusaha selalu bersabar dan tidak cepat naik pitam kalau ada client yang komplain dan marah-marah yang gak jelas gitu. Sepanjang aku masih merasa telah berbuat maksimal dan tidak mentelantarkan project mereka, aku pasti punya penjelasan yang logis atas apapun yang terjadi.

Advertisements

0 Responses to “Two Complaints ??!!”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: