09
Jun
08

My Fav Songs

Kalau ditanya lagu apa yang bisa bikin aku gak bosen walaupun aku dengerin seharian non-stop, maka tanpa pikir panjang lagi aku akan menjawab lagunya Chrisye. Seminggu non-stop aku dengerin juga gak akan bosen. Kenapa bisa seperti itu? Simply karena lagunya sangat Indonesia, mendalam, penuh makna dan yang tak kalah penting penuh memori πŸ™‚

Sangat Indonesia, karena dalam lagu-lagunya banyak sekali kolaborasi atau komponen-komponen musik daerah. Nada-nada nya pun bisa dibilang klasik Indonesia. Notasi yang ada juga bukan hanya sekitar C-F-G yang biasa ada pada musik-musik pop sekarang (serius deh, aku pikir sekarang kebanyakan lagu pop notasinya sama, hanya beda lirik doank). Notasi lagunya lumayan ribet abis, banyak nada-nada miring (yang aku benci karena aku selalu butuh beberapa waktu untuk bisa menyanyikannya tanpa fals). Salah satu lagu yang amat sangat Jawa banget adalah lagu ‘Kala Cinta Menggoda’, karena adanya kombanasi suara sinden di pertengahan lagu. Komposisinya sangat smooth sehingga lagu bisa blended.

Walaupun kebanyakan tema yang diambil adalah tema cinta – sebuah tema umum yang biasa dipakai oleh sebuah lagu – tetapi lirik-lirik yang ada lebih mendalam dan tidak terkesan cerita cinta picisan. Kata-katanya puitis, membuat kita bisa mencari ribuan makna didalamnya. Ambil saja contoh : ‘Badai Pasti Berlalu’. Kalau dilihat dari tema cinta yang ada, kita bisa bilang kalau lagu ini menggambarkan cerita seseorang yang sedang patah hati dan berusaha untuk kembali tersenyum. Tetapi kalau dianalisa lebih dalam, makna yang bisa kita ambil adalah bahwa hidup selalu berputar, ada kalanya kita senang, ada waktunya juga kita susah.

Yang tak kalah pentingnya adalah kebanyakan lagu-lagu Chrisye adalah lagu yang sarat kenangan. Banyak lagu-lagunya yang aku pelajari setengah mati in detail agar aku bisa tampil prima dengan tim paduan suaraku di berbagai acara dan festival, dan tak jarang kita juga menggunakan aksen tari dan gamelan untuk membuat penampilan kita lebih attraktif. Setiap lagu mempunyai tingkat kesulitan dan teknik bernyanyi yang berbeda. Waah, aku jadi kangen latihan lagi 😦 Satu lagu yang sampai sekarang mempunyai memori sangat mendalam adalah : ‘Cintamu Tlah Berlalu’, lagu ini aku nyanyikan pada saat festival dan komponen ektranya adalah pada saat itu aku juga sedang patah hati (cocok banget kan jadinya, hehehehe).

Pada saat aku ternyata diterima kerja di Jakarta, aku sempat bercita-cita untuk dapat menonton konser Chrisye nanti someday. Tetapi tampaknya fakta berkata lain, saat aku di Jakarta adalah saat Chrisye sedang sakit parah (yang akhirnya beliau meninggal – RIP). Hiks, aku sangat sedih. Penampilan live Chrisye yang penah aku sempat lihat hanya pada saat beliau bernyanyi dengan Peterpan, Soundrenaline Jakarta di Pantai Carnaval Ancol. Walaupun saat itu Chrisye bernyanyi di kursi rodanya, tetapi aku masih bisa merasakan bagaimana dia telah bernyanyi dengan maksimal.

4 Responses to “My Fav Songs”


  1. June 11, 2008 at 5:53 am

    mending lagunya Bon Jovi di album Cross Road, dijamin gak bosen2… trus ama These Ain’t a Love Song… my national anthem! πŸ˜†

  2. June 11, 2008 at 9:34 am

    @ Anton : Bon Jovi oke juga, dia juga salah satu penyanyi favoritku sih πŸ™‚ Di album Cross Road, ada lagu Always kan? Nah, itu tuh salah satu lagu penuh kenangan.

  3. June 11, 2008 at 9:47 am

    kalau lagu2 cinta, aku demen ama Ari Lasso & Element πŸ˜† , slow2 rock getu deh.

  4. June 11, 2008 at 9:50 pm

    @ fisha17 : hmm, lagu mereka asik juga sih πŸ™‚


Leave a Reply

