23
Jun
08

Manatee the Endangered Species

manateeDilihat dari bentuk fisiknya, binatang ini mirip dugong. Tapi, jangan salah. Dugong dan Manatee adalah species yang berbeda. Manatee ini merupakan salah satu binatang yang dilindungi sejak tahun 1972 dan merupakan salah satu objek wisata di Florida, Amerika Serikat. Di seluruh dunia, populasi Manatee hanya mencapai tiga ribu ekor.

Kata Manatee sendiri berasal dari bahasa Haiti yang berarti ‘rambut’. Manatee juga kadang disebut sebagai sapi laut karena mereka hanya memakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora. Walaupun cuma makan sayuran, tetapi Manatee yang sudah dewasa dapat mencapai berat 362-544 kg dan panjang 3 meter. Karena badannya yang besar itu, Manatee termasuk dalam slow-moving animal.

Sebagai salah satu mahluk mamalia, Manatee termasuk binatang yang mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi dan juga mempunyai eyesight yang bagus. Tidak seperti manusia yang tidur hanya di malam hari, manatee tidur secara berjangka di malam dan siang hari.

Umur mereka bisa mencapai 50 – 60 tahun dan uniknya secara jangka waktu itu gigi mereka terus tumbuh dan berganti. Gigi yang baru, tumbuh dibagian belakang rahang dan terus maju sedangkan gigi di bagian depan akan tanggal dengan sendirinya. Manatee hidup di perairan yang dangkal dan hangat dan di punggung mereka kadang tumbuh algae/ ganggang.

Kalau pengen tau lebih jelas tentang species ini, coba aja klik http://www.savethemanatee.org/

Advertisements

3 Responses to “Manatee the Endangered Species”


  1. June 24, 2008 at 9:15 am

    Mbak Ris… lama banget nih gak buka blog mbak, soalnya internetny di schoolq lg error. eh pas buka uda banyak artikel yang belum dina baca. thanx 4 all !!

  2. June 24, 2008 at 10:31 am

    Memang itu semua ciptaan Allah SWT SEMPURNA, hewan ini termasuk mamalia dan seperti manusia. Bicara tentang gigi, jika kita manusia hanya 1 kali perubahan gigi dari gigi susu menjadi gigi dewasa dan tidak bisa tumbuh lagi. Oleh karena itu ada Sekolah Kedokteran gigi dan banyak dokter gigi, jadi jika ada manusia sakit gigi bisa dibetulkan dan diganti dengan gigi palsu.
    Sedangkan seperti hewan Manatee ini klo sakit gigi siapa yang mo benerin dan menambal giginya ๐Ÿ™‚ Kasihan juga jika ada gigi yang tanggal trus gak tumbuh lagi .. klo ompong mo makan pake apa wong gak bisa bikin bubur sendiri yang tinggal sruput ๐Ÿ˜€
    Salam kenal dari http://otaklelaki.wordpress.com

  3. June 25, 2008 at 11:53 am

    @ dina : welcomeback ๐Ÿ™‚

    @ Andi Eko : salam kenal juga, yup Allah memang Maha Besar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: