29
Jun
08

Ayo kita ke Jakarta Fair!

Keinginan untuk pergi ke PRJ sebetulnya sudah ada semenjak tahun pertama menginjakkan kaki di Jakarta, tetapi baru kesampaian tahun ini karena ada saja yang bikin gak jadi. Mulai jadwal yang berubah-ubah sampai keburu habis, weekend ngelembur, sampai karena gak ada mobil (dulu kemana-mana musti serombongan sama temen-temen kantor dan pake mobil kantor). Berangkat sore dari kostan, aku mengawali perjalananku saat matahari sudah mulai tenggelam.

Pintu masuk lumayan teratur karena ada jalan khusus pejalan kaki dan untuk yang membawa kendaraan. Dengan karcis seharga 20 ribu (weekend), ternyata calon pengunjung lumayan banyak karena dari kejauhan sudah terlihat antrian pembelian tiket. Untungnya di sana ada beberapa loket pembelian, so kita bisa memilih antrian mana yang lebih sedikit. Setelah membayar karcis, kita akan mendapatkan magnetic card, beragam voucher discount, dan undian berhadiah mobil. Disana ada juga gerbang untuk men-scan pengunjung seperti yang biasa ada di bandara dan pintu mall, tetapi useless karena pengunjung masih bisa lewat dari sisi lain dan penjagaan juga tidak begitu strict. Waah, klo ada yang bawa bom gak ketahuan donk, hehehe ….

Memasuki hall pertama, kita akan menemui beragam kios-kios tempat kita bisa menukarkan voucher kita. Apabila pengen beli souvenir, disana juga ada kios souvenir yang menjual kaos-kaos dengan sablon logo PRJ dan beragam pernik-pernik seperti misalnya mug, gantungan kunci, pembatas buku, dan topi. Memasuki lapangan outdoor, kita disambut dengan stand-stand otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, helm, sampai oli. Karena kelaparan, aku berusaha mencari stand snack dan minuman. Ternyata seru juga jajanannya disana, walaupun di stand jajanannya menyediakan tempat duduk tetapi sepertinya lebih seru kalau kita memakannya di pinggir stand sambil melanjutkan sigh-seeing nya.

PRJ ini memang sangat luas, aku menghabiskan waktu lebih dari 5 jam untuk berputar-putar disana. Semua stand dan hall aku datangi satu persatu, kalau ada yang menarik aku akan masuk ke dalam dan melihatnya lebih detail, tetapi kalau yang biasa aja, paling aku hanya lewat dan melihatnya sekilas. Seperti misalnya ada banyak kios buku dan baju batik disana, tetapi karena aku pikir sama aja seperti yang ada di Ambassador jadinya aku ya cuma lewat sambil lalu saja. Discount yang mereka tawarkan sebetulnya lumayan sih, bisa mencapai 50 persen !

Satu jajanan yang wajib dicari dan jangan sampai terlewatkan adalah kerak telor. Makanan ini sangat susah didapatkan kalau di hari-hari biasa. Yaaah, bisa dibilang makanan ini adalah jajanan tahunan. Ada banyak sekali penjual kerak telor mulai dari sebelum pintu masuk sampai di berbagai pojokan dalam PRJ. Tukang kerak telor yang aku datengi saja sudah bernomer 25. Harganya aku bilang lumayan mahal, untuk satu porsi kerak telor menggunakan telur bebek (kita bisa memilih mo telur ayam atau telur bebek) dihargai 15 ribu, plus air mineral botol yang dihargai dua kali lipat menjadi 4 ribu. Total sekali makan sudah 19 rb. Kalau bukan karena adanya sekali setahun, aku gak akan rela mengeluarkan uang sebanyak itu :-p


Menjelang malam, PRJ juga menyediakan live music yang menampilkan banyak artis artis terkenal seperti Dewa, D’Massiv, Kerispatih. Karena penontonnya sangat crowded, aku lebih memilih untuk melanjutkan jalan-jalanku sampai kaki rasanya cenut-cenut kecapekan. saat mo pulang, sempat khawatir gak dapat taxi karena pastinya jalanan macet. Untunglah akhirnya aku bisa mendapatkan taxi yang aku inginkan (walaupun ini juga setelah jalan muter-muter dan dipalakin tukang parkir 2 rb).

In short, it was nice. Tapi untuk pergi kesana lagi dalam tahun yang sama, kayaknya aku lebih memilih enggak deh. Once is quite enough. You can also check out my journey in images at http://public.fotki.com/pinkparis/weekend/pekan-raya-jakarta/

Dn kalau masih pengen tau detail nya, coba aja baca di http://www.jakartafair.biz/

1 Response to “Ayo kita ke Jakarta Fair!”


  1. December 15, 2014 at 5:24 am

    Hi there, I do believe your site could possibly be having
    browser compatibility problems. Whenever I take a
    look at your website in Safari, it looks fine however, when opening in Internet Explorer, it’s got some overlapping issues.
    I simply wanted to provide you with a quick heads up!

    Besides that, wonderful blog!


Leave a Reply

