30
Jun
08

What is teamwork?

Cara bermain sebuah tim sangat menentukan kesuksesan mereka. Anda boleh memiliki sederet pemain bintang yang paling hebat di dunia. Tapi jika mereka tidak bisa bermain bersama, tim tidak akan menghasilkan apa-apa.

Sebuah wisdow dari Babe Ruth (1895-1948), seorang pemain bisbol legendaris Amerika yang aku dapat pada saat browsing berita di Kompas.com. Secara umum apa yang disampaikan oleh Babe Ruth ini adalah apa yang biasa kita sebut sebagai team work, yaitu berkumpulnya beberapa orang yang bekerjasama untuk meraih sebuah tujuan. Apabila kita melihatnya dalam kamus, teamwork di definisikan sebagai: “Cooperative or coordinated effort on the part of a group (sociology) of persons acting together as a team or in the interests of a common cause, unison for a higher cause, people working together for a selfless purpose, and so on.” Pada aplikasinya di tempat kerja, teamwork adalah sebuah metode untuk mengesampingkan semua kepentingan pribadi untuk bersama-sama meraih kepentingan bisnis.

Dan dalam sebuah website company, tujuan atau kepentingan bisnis ini tentunya adalah diluncurkannya sebuah project website. Bagaimana semua pekerja di dalam company bersama-sama bahu membahu menjalankan project dengan baik. Inilah kata kuncinya : bahu-membahu. Walaupun sebuah company mempunyai developer yang handal ataupun designer yang sangat kreatif, tetapi kalau antara developer dan designer tersebut tidak bisa bekerja sama dengan baik maka semuanya menjadi useless. Bekerja sendiri-sendiri tanpa melihat project dalam its big frame akan membuat project berjalan dengan terseok-seok, dan hal ini tentunya akan mempengaruhi timeline dan dalam akibat jangka panjangnya akan meningkatkan komplain dari client.

Sekarang apa sajakah parameter yang harus dimiliki seseorang untuk bisa dibilang mempunyai kemampuan teamwork. Selain adanya kemampuan teknikal sesuai dengan profesinya, seseorang haru mempunyai kemampuan sosial sebagai berikut:

1. Listening
Kemampuan untuk mendengarkan ide atau pemikiran dari orang lain. Dengan saling mendengarkan, ide awal dari seseorang bisa membawa ke berbagai ide-ide lain yang mungkin lebih baik dari ide awal

2. Discussing
Anggota team sebaiknya saling berdiskusi mengenai berbagai ide sampai semua anggota mempunyai ide dan visi yang sama.

3. Questioning
Saling bertanya, berinteraksi dan berdiskusi mengenai tujuan/ objectives dari team

4. Persuading
Setiap individu dianjurkan untuk saling bertukar pikiran/ide, mempertahankannya, sampai akhirnya merumuskan ide bersama (walaupun bisa jadi ide awal dia tidak dipergunakan)

5. Respecting
Saling menghormati dan mendukung di antara anggota team

6. Helping
Saling membantu adalah tema general dari teamwork

7. Sharing
Saling berbagi merupakan salah satu hal yang penting dalam membentuk environment of teamwork

8. Participating
Semua anggota team dianjurkan untuk saling berpartisipasi

9. Communication
Agar sebuah team bisa bekerja dengan maksimal dan efisien, setiap anggota team harus mempunyai kemampuan komunikasi dan dapat menggunakan alat komunikasi seperti : email, chat, meeting, dsb.

Advertisements

0 Responses to “What is teamwork?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: