17
Jul
08

Habitrail OVO Cage

Beberapa waktu lalu, selama beberapa hari Alice dan Tammy selalu bertengkar hebat. Segala cara sudah aku tempuh untuk mendamaikan mereka mulai dari memberi bedak, memberikan ekstra makanan, atau mengajak mereka jalan-jalan keluar kandang. Aku benar-benar kuatir kalau mereka tiba-tiba luka berdarah karena bertengkar hebat.  Dengan terpaksa aku memutuskan untuk memisahkan mereka dan membeli kandang yang baru.

Kandang yang aku beli kali ini sama sekali tidak mengalami masa puter-puter antar pet shop dan browsing sana sini, karena aku langsung menuju ke pet shop terdekat yang ada di saharjo dan langsung menemukan kandang yang memang selama ini aku sudah mengincarnya tetapi hanya aku temukan di amazon.com, yaitu sebuah kandang Habitrail seri terbaru yang bernama OVO. Merk Habitrail yang bagiku sudah jaminan mutu membuat aku tidak berpikir panjang untuk segera membelinya dan aku tidak sabar merakitnya untuk Tammy.

Kandang Ovo ini berwarna orange terang yang sangat eye-catching. Dengan desain yang cukup futuristik, aku sempat bingung bertanya-tanya untuk apakah bola berwarna biru yang ternyata adalah botol minuman. Kandang ini lumayan kecil dan hanya cukup untuk satu ekor hamster. Ada tempat makanan di bagian belakang wheel dan semacam rumah kecil di bagian bawahnya. Tutupnya sendiri bisa dibuka dari depan dan belakang, dan karena selain ukuran tutupnya yang besar dan lumayan agak susah dibuka dan ditutup, kandang ini tidak recommended untuk robo yang terkenal gesit.

Kendala yang muncul adalah pada bagian bawah dari botol minumannya. walaupun sudah dipasang sangat berhati-hati, tetap saja ada lumayan banyak air bertetesan di bawahnya dan membentuk seperti kubangan. Untuk mengakalinya, aku biasanya menaruh tissue dibagian bawah lubang tetesan air. Selain untuk menyerap air yang menetes, tissue juga bisa digunakan sebagai mainan hamster (red = digigitin).

Karena memang kandang ini lumayan tertutup dan sama sekali tidak ada jeruji besi, bagian atas kandang atau tutupnya kadang tampak berembun dan aku biasanya kemudian membuka kandang lebar-lebar agar kandang tidak terlalu lembab. Tidak adanya jeruji besi juga membuat hamster tidak mempunyai bagian yang bisa digigitin. Dampak positif tentunya membuat kandang tidak berisik, tetapi dampak buruknya adalah hamster tidak mempunyai alat untuk mengasah giginya. Untuk mengatasinya, kita bisa menaruh selongsong tissue toilet atau memberikan mereka nibble stick khusus hamster.

Segi negatif yang lain adalah tidak adanya toilet, dan karena minimnya space aku hanya bisa menaruh kotak kecil tempat pasir yang menurutku terlalu sempit buat hamster untuk bisa berguling-guling.

walaupun begitu, kandang Ovo ini cukup worthed dan bagus, dan Tammy juga tampak senang dengan kandang barunya 🙂 That is the most important thing.

Advertisements

2 Responses to “Habitrail OVO Cage”


  1. 1 tania
    December 14, 2008 at 2:39 am

    halo..
    saya br mw rencanain beli kandang ovo jg..kl tdk salah it kandang kan lmyn gede,truz dy kan punya lorong2 n bs d pasang tmpat2 tambahan..
    kr2 kl pake kandang it susah/repot ga bersihinny?

  2. December 14, 2008 at 10:02 am

    hi tania, klo menurutku kandangnya gak terlalu besar. malah cenderung sempit. lorong-lorong itu tambahan, gak termasuk dalam kandang ini. klo masalah bersihin sih aku pikir sama seperti kandang habitrail lainnya, lumayan gampang, asal sabar aja soalnya kan klo bersihin musti di pretelin lagi satu-satu. 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: